1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Reses, Komisi A DPRD Kota Semarang ajak warga ikuti lomba cerdas cermat

“Kami ingin masyarakat mengetahui tentang kondisi kelurahan, jadi ada ikatan antar keduanya,”

Kegiatan lomba cerdas cermat yang dilakukan oleh salah satu anggota DPRD Kota Semarang berlangsung meriah.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Selasa, 28 Agustus 2018 17:19

Merdeka.com, Semarang - Kegiatan reses yang dilaksanakan anggota Komisi A DPRD Kota Semarang Johan Rifai berbeda dengan biasanya. Kali ini, wakil rakyat asal Semarang Barat ini mengajak perwakilan dari 64 RT di Kelurahan Ngemplak Simongan untuk ikut dalam adu ketangkasan pengetahuan tentang kelurahan setempat melalui lomba cerdas cermat. Sebelumnya warga ikut jalan sehat bersama keliling kelurahan.

Menurut Johan Rifai, cerdas cermat ini diikuti oleh warga dari tiap RT. “Kelurahan Ngemplak Simongan ada delapan RW , masing-masing RW ada delapan RT sehingga ada 64 RT yang ikut ambil bagian dalam kegiatan yang berlangsung di Balai Kelurahan Ngemplak Simongan,” ujar Johan Rifai, Selasa (28/8).

Tercatat ada 30 soal yang harus dijawab oleh para peserta pada lomba tersebut. Pertanyaan yang diberikan, yakni seputar pengetahuan umum tentang kelurahan serta isu-isu terkini termasuk pelaksanaan Asian Games 2018 yang masih berlangsung di Jakarta dan Palembang. “Kami ingin masyarakat mengetahui tentang kondisi kelurahan, jadi ada ikatan antar keduanya,” ujarnya.

Diantara pertanyaan yang diberikan adalah jumlah sekolah dasar di Ngemplak Simongan, dokter praktek di sekitar kelurahan, jumlah tempat ibadah, jumlah pabrik obat, dan lainnya. "Kebetulan di sekitar Ngemplak Simongan memang banyak berdiri aneka pabrik, mulai dari pabrik obat, industri sandang dan lain sebagainya," imbuhnya.

Tentu saja, menurut Johan, hal ini sangat penting bagi warga sehingga ada ikatan emosional antara warga dengan lingkungannya. Dengan demikian mereka akan peduli dengan lingkungan sekitar. "Tentu ini akan berdampak positif bagi perkembangan daerah ini," ujarnya.

Masyarakat begitu antusias mengikuti kegiatan itu. Apalagi panitia menyediakan sejumlah hadiah berupa uang. Sedangkan pada saat pelaksanaan jalan sehat, menurut Johan Rifai diikuti oleh 1.000 lebih warga Ngemplak Simongan. Jalan sehat tersebut mengambil rute dari Balai Kelurahan dan berakhir juga di Balai Kelurahan. “Panitia menyediakan aneka doorprize untuk masyarakat yang ikut jalan sehat,” pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
KOMENTAR ANDA