1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Angkat kisah Singo Barong, Pemkot Semarang gelar haul Habib Hasan

"Habib Hasan adalah tokoh besar yang masih menjadi mutiara terpendam di Kota Semarang."

Ketua panitia kegiatan haul Habib Hasan, Iswar Aminudin. © 2018 Merdeka.com/Andi Kaprabowo. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Kamis, 22 Februari 2018 16:41

Merdeka.com, Semarang - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menggelar haul Habib Hasan bin Thoha bin Muhammad bin Yahya atau yang dikenal dengan julukan Singo Barong. Haul salah satu pejuang Kota Semarang tersebut akan dilaksanakan pada Rabu (28/2) mendatang.

Ketua panitia haul, Iswar Aminudin mengatakan, Habib Hasan atau Singo Barong merupakan tokoh besar bagi Kota Semarang. Namun sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang belum mengenal sosok yang memiliki nama lain Syekh Kramat Jati, Raden Tumenggung Sumodiningrat dan Senopati Agung Ing Mataram itu.

"Habib Hasan adalah tokoh besar yang masih menjadi mutiara terpendam di Kota Semarang. Untuk itu, kami ingin mengangkat kisah beliau kepada masyarakat dengan menggelar haul," kata Iswar yang juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang ini, Kamis (22/2).

Iswar mengatakan, Habib Hasan merupakan tokoh pejuang yang dikenal garang saat melawan penjajah. Itulah sebabnya dia mendapat julukan Singo Barong. Dia dilahirkan dari pasangan Habib Thoha bin Muhammad al-qadhi (Pangeran Terboyo) bin Yahya, dengan Syarifah Fathimah. Habib Hasan wafat pada tahun 1818 masehi dan dimakamkan di Jalan Duku Kelurahan Lamper Kidul Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang.

"Sejarah perjuangan Habib Hasan dalam melawan penjajah perlu diteladani. Diantara perjuangan beliau adalah mengalahkan penjajah saat pertempuran di Pekalongan tahun 1206 H/1785 masehi," papar dia.

Atas hal itulah, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi merasa perlu mengangkat kembali kisah heroik sang Singo Barong. Harapannya, masyarakat menjadi mengetahui sejarah perjuangannya. "Selain itu, dengan haul ini kami juga berharap dapat mengangkat wisata religi di lokasi pemakaman Habib Hasan," katanya.

Adapun rangkaian acara haul, lanjut Iswar, akan dilakukan khataman Al-Quran, kirab bendera merah putih dilanjutkan dengan haul dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Untuk kirab merah putih, Iswar mengatakan akan diikuti oleh ratusan peserta. Nantinya, peserta akan menyusuri jalanan di Jl Tentara Pelajar, MT Haryono, Sriwijaya, Pahlawan dan finish di kawasan Simpanglima.

"Untuk itu, kami meminta masyarakat yang hendak melintasi jalanan tersebut pada 1 Maret nanti, kami himbau untuk mencari rute lainnya," terangnya.

Iswar menambahkan, sejumlah tamu undangan dipastikan hadir dalam acara haul Habib Hasan tersebut. Beberapa diantara mereka adalah Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Raja Kutai Kartanegara yang merupakan cucu Habib Hasan, Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro dan tamu penting lainnya.

"Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk memeriahkan acara haul tersebut karena acara ini bukan hanya milik Pemkot Semarang, melainkan milik seluruh masyarakat Kota Semarang," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Peristiwa
  2. Pemkot Semarang
  3. Budaya
KOMENTAR ANDA