1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Hendi Beri Dukungan Penuh Perkembangan Startup di Semarang

"...kita harus saling mendukung agar bisa tumbuh bersama,"

Wali Kota Hendi berfoto bersama pegiat startup Kota Semarang, Jumat (22/2).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Jum'at, 22 Februari 2019 18:32

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendukung penuh perkembangan startup atau perusahaan rintisan yang ada di Kota Semarang. Dukungan itu dia sampaikan saat bertemu dengan komunitas pegiat startup digital di Kota Semarang yang tergabung dalam Semarang Startup di Impala Co-Working Space yang berada di lantai dua Gedung Spiegel Kota Lama Semarang, Jumat (22/2).

Pada kesempatan itu, wali kota yang akrab disapa Hendi itu berdiskusi dengan sekitar 500 anak muda Semarang yang merupakan pengembang bisnis digital. Di antara mereka, ada beberapa yang telah bisa dikatakan sukses berjalan, seperti Tumbas.In, LindungiHutan.com dan TemanBerkebun.com.

Hendi menekankan agar komunitas Semarang Startup dan Pemerintah Kota Semarang dapat saling mendukung. "Hari ini yang dikatakan online-online di TV itu peluangnya sangat besar, kita harus saling mendukung agar bisa tumbuh bersama," kata dia.

Menurut Hendi, ide anak-anak muda melalui startup tersebut terbukti dapat menjadi bisnis yang luar biasa. Untuk itu, semuanya harus didukung penuh pemerintah. "Saya akan support semuanya, termasuk kegiatan hari ini adalah bentuk dukungan kami," paparnya.

Dalam dialog bertajuk "Kota, Kita, dan Karya" tersebut, sejumlah kepala dinas di lingkunhan Pemerintah Kota Semarang dihadirkan. Antara lain Kepala Dinas Kominfo Nana Storada, Kepala Dinas Perindustrian Nurjanah, Kepala Dinas Pariwisata Indriyani dan Kepala Dinas Koperasi UMKM Litani. Dari pertemuan tersebut disepakati adanya keseriusan dari Pemkot Semarang untuk memfasilitasi startup di Kota Semarang untuk dapat berkembang menjadi salah satu unicorn di Indonesia.

Salah satunya startup Tumbas.In yang merintis aplikasi online untuk mempertemukan pedagang pasar dengan pembeli, tanpa harus pergi ke pasar. Hendi menegaskan, akan menjembatani para pendiri Tumbas.In untuk dapat menjangkau seluruh pedagang pasar di Kota Semarang melalui Dinas Perdagangan Kota Semarang. "Nanti setelah ini, kita ketemu bareng seluruh kepala UPTD Pasar di Semarang. Nanti, selanjutnya apa yang diperlukan akan diusahakan," tambahnya.

Di sisi lain, salah satu pegiat komunitas Semarang Startup, Gatot Hendraputra menyatakan senang atas perhatian Hendi kepada teman-temannya yang tergabung dalam komunitas tersebut. "Yang pasti senang karena ada dukungan langsung yang diberikan sehingga semakin tumbuh keoptimisan dari saya dan teman-teman. Yang pasti, tujuan kami dan Mas Hendi sama, maka sinergi ini adalah sebuah hal yang pasti akan berdampak positif bagi Kota Semarang," bebernya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
  2. Teknologi
KOMENTAR ANDA