1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Sosialisasi Pada Calon Jamaah Haji, Ini Pesan Hendi

“Hari-hari ini panjenengan senantiasa berdoa agar dimudahkan dalam perjalanan hajinya, diberikan kesehatan, diberikan kelancaran..."

Wali Kota Hendi memberikan pesan kepada calon jamaah haji Kota Semarang.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Minggu, 24 Februari 2019 18:12

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menitipkan sejumlah pesan kepada calon jamaah haji asal Kota Semarang. Selain soal kesehatan, wali kota yang akrab disapa Hendi ini juga berpesan kepada ribuan jamaah untuk menjaga doa dan menjaga hati.

Hal itu disampaikan Hendi saat mengikuti kegiatan sosialisasi keberangkatan calon jamaah haji Kota Semarang Tahun 2019 di Halaman Balai Kota Semarang, Jalan Pemuda Kota Semarang, Minggu (24/2).

Wali Kota Hendi menyampaikan bahwa di dalam ibadah haji, akan banyak aktivitas fisik yang bakal dilakukan oleh para jamaah. Untuk itu, dirinya berpesan kepada calon jamaah haji agar dapat menjaga ketahanan fisiknya.

“Haji merupakan ibadah wajib (bagi yang mampu), yang kemudian karena antusias saking semangatnya, sehingga lupa mengonsumsi suplemen dan vitamin. Padahal di sana dituntut fisik yang kuat karena ada berbagai aktivitas yang menuntut kesehatan jamaah untuk melakukannya, seperti tawaf, sa’i, dan rukun haji yang lain,” kata Hendi.

Selain menjaga fisik yang merupakan bagian dari ikhtiar, lanjut dia, menjaga doa dan menjaga hati juga hal penting. Maksudnya, jamaah haji diharapkan senantiasa berdoa memohon kemudahan dan kelancaran, serta yang utama berdoa agar menjadi haji yang mabrur.

“Hari-hari ini panjenengan senantiasa berdoa agar dimudahkan dalam perjalanan hajinya, diberikan kesehatan, diberikan kelancaran dan Insya Allah menjadi haji yang mabrur. Seperti tema hari ini, mabrur sepanjang hayat, bukan haji tomat, mangkat tobat balik kumat,” lanjut Hendi yang diamini para calon jamaah haji.

Dalam kesempatan itu juga, Hendi tidak lupa menitip doa kepada para calon jamaah haji untuk mendoakan Kota Semarang dalam menghadapi tahun 2019. Sebab, di tahun 2019 ini Kota Semarang beberapa kali diganggu oleh berbagai aksi yang menimbulkan kegaduhan, dan kesan tidak kondusif. Aksi tersebut salah satunya adalah teror pembakaran kendaraan yang hingga saat ini tercatat ada 16 titik pembakaran kendaraan.

Sekadar diketahui, tahun 2019 ini, tercatat sebanyak 1.887 calon jamaah haji asal Kota Semarang yang siap berangkat ke Tanah Suci. Kegiatan sosialisasi tersebut, bertujuan untuk memberi informasi seputar kepastian keberangkatan ke Tanah Suci, dan agar pelaksanaan haji tahun ini berjalan lancar.

“Sosialisasi ini untuk memberikan info lebih awal perihal keberangkatan jamaah haji Kota Semarang 2019, agar calon haji bisa mempersiapkan fisik, mental maupun finansial lebih awal," terang Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Semarang, Ali sebagai panitia penyelenggara.

Ali menerangkan, pada sosialisasi tersebut turut menghadirkan beberapa narasumber antara lain dari Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jateng, Kepala kantor Kemenag Kota Semarang, Dinas Kesehatan Kota Semarang, dan IPHI atau Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kota Semarang.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA