1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Hendi Minta PKK Kembangkan Kampung Tematik

"Dari sisi kesiapan SDM inilah, dibutuhkan support dari para kader PKK."

Wali Kota Hendi mendampingi ketua TP PKK Tia Hendi menyerahkan piagam penghargaan kepada kader PKK teladan 2019.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Selasa, 23 April 2019 17:49

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendorong sinergitas dan kesatuan gerak antara seluruh kader PKK dan Pemerintah Kota Semarang. Sebab, PKK memiliki potensi luar biasa besar untuk dapat ikut berperan serta dalam percepatan program pembangunan Kota Semarang.

Hal itu disampaikan Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi saat membuka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Kota Semarang, Senin (22/4). Hendi sangat yakin bahwa kader-kader PKK mampu berperan besar dalam berbagai bidang. “Arah pembangunan Kota Semarang saat ini adalah untuk menjadi kota perdagangan jasa yang berfokus pada pariwisata,” kata Hendi.

Prioritas pembangunan di sektor pariwisata ini, lanjut dia, dilatarbelakangi keinginan untuk meratakan kue ekonomi bagi seluruh warga Kota Semarang. Pembangunan sektor pariwisata akan membuka berbagai peluang usaha dengan melibatkan semua pihak dan lapisan masyarakat, termasuk kaum perempuan. "Sektor pariwisata membuka banyak peluang usaha seperti jasa tour guide atau pemandu wisata, usaha kuliner dan oleh-oleh, UMKM, usaha kreatif seperti handycraft, atraksi wisata dan lainnya," paparnya.

Menurutnya, usaha pada sektor pariwisata akan lebih bervariasi sesuai dengan kearifan lokal serta potensi, keahlian dan ketertarikan yang dimiliki masing-masing orang. Karenanya, untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata ini sangat diperlukan kesiapan SDM di samping kesiapan infrastruktur.

"Dari sisi kesiapan SDM inilah, dibutuhkan support dari para kader PKK. Semarang mempunyai 177 kampung tematik yang siap untuk dikembangkan bersama, monggo kalau ada ide kreatif, usaha atau gagasan apapun kami sangat terbuka," paparnya.

Komitmen tinggi diberikan pihaknya dan jajaran pemerintah bagi kemajuan dan pemberdayaan PKK serta kaum perempuan. Hendi juga meyakinkan bahwa kemandirian serta pemberdayaan kaum perempuan akan terus didukung dan disinergikan dengan berbagai program pembangunan Kota Semarang.

Selain dihadiri ketua TP PKK, Krisseptiana Hendrar Prihadi, acara tersebut juga dihadiri Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu serta para ketua dan jajaran organisasi wanita seperti Dharma Wanita, Persit Candra Kirana, GOW, forum Pos PAUD dan forum Posyandu Kota Semarang. Kegiatan juga dimeriahkan dengan adanya lomba penataan sajian makanan yang diikuti oleh para kader PKK.

Pada kesempatan itu, diserahkan pula piagam penghargaan kepada 32 kader PKK teladan dari setiap kecamatan atas capaian dan kontribusi positif yang telah ditunjukkan selama ini. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kota Semarang, Tia Hendi didampingi Wali Kota Hendi.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA