1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Luncurkan SIM PKK, Tia Hendi Minta PKK Ikut Nyengkuyung Pembangunan Kota

"Untuk pendataan dan pengisian, para kader dapat mengakses sisfo.pkk.semarangkota.go.id,"

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi didampingi Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu meluncurkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK, Senin (21/1).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Kamis, 24 Januari 2019 16:57

Merdeka.com, Semarang - Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi meminta seluruh kader PKK Kota Semarang ikut berpartisipasi aktif dalam pembangunan kota. Hal itu disampaikan Tia Hendi, begitu sapaan akrabnya, di sela peluncuran aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK, Senin (21/1) di Ruang Lokakrida Lantai 8, Gedung Moch. Ihsan.

Didampingi Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu, Tia Hendi melakukan peluncuran di hadapan ratusan kader PKK Kota Semarang. Peluncuran ini dilakukan bersamaan dengan Rapat Konsultasi (Rakon) PKK Kota Semarang yang membahas banyak hal, di antaranya laporan kegiatan dan evaluasi program PKK Kota Semarang tahun 2018.

Dengan diluncurkannya SIM PKK ini, diharapkan akan terhimpun berbagai data secara sistematis dari seluruh kelompok Dasa Wisma (Dawis) se-Kota Semarang. SIM PKK mampu memberikan data dan informasi terkait pelaksanaan 10 program PKK secara cepat, akurat dan menyeluruh mulai dari tingkat Dawis. Data ini akan terintegrasi melalui sistem untuk dapat dimanfaatkan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota hingga pusat.

”Saya berharap seluruh kader PKK baik di kecamatan dan kelurahan sebagai garda terdepan PKK Kota Semarang dapat semakin optimal di tahun 2019 dan melanjutkan sinergitas yang telah terjalin dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Semarang," katanya.

Data yang terhimpun, lanjut dia, selanjutnya dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan dan program oleh berbagai OPD Pemerintah Kota Semarang. Dengan demikian, program dan kebijakan yang diambil akan semakin tepat sasaran sesuai kebutuhan warga masyarakat.

"Sejumlah data yang terekam aplikasi SIM PKK di antaranya data rumah sehat dan tidak sehat, data kelahiran, kematian, ibu hamil, nifas, data pendidikan, data jaminan kesehatan dan lainnya," terangnya.

Bersamaan dengan peluncuran program SIM PKK ini, dilaksanakan pula sosialisasi dan pelatihan langsung yang diikuti oleh ketua beserta kader PKK kecamatan se-Kota Semarang. Sebagai pengguna aplikasi, diharapkan para kader dapat secara lengkap melakukan pengisian, pendataan dan pelaporan melalui aplikasi ini. "Untuk pendataan dan pengisian, para kader dapat mengakses sisfo.pkk.semarangkota.go.id," tukasnya.

Sementara Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu menyampaikan, PKK dan Pemkot Semarang merupakan dua sejoli yang saling mengisi. Kerja sama yang sinergis ini, telah ikut mengantarkan Kota Semarang mampu menyelesaikan lebih dari 2.000 kegiatan dan meraih 47 penghargaan tingkat provinsi dan nasional.

"Ke depan, diharapkan PKK semakin eksis dan maksimal mengawal berbagai program Pemerintah Kota Semarang khususnya masalah pemberdayaan perempuan, keluarga, kesetaraan gender dan lainnya," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA