1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Masuk rekor MURI, senam poco-poco di depan Balai Kota Semarang diikuti 3.000 peserta

"Di mana tujuan akhirnya menjadi warga yang sehat, bugar sehingga kekuatan dan ketahanan negara akan terwujud,"

Ribuan warga Kota Semarang mengikuti senam poco-poco di Halaman Balai Kota Semarang, Minggu (5/8).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Minggu, 05 Agustus 2018 17:31

Merdeka.com, Semarang - Sebanyak 3.000 orang yang terdiri dari pelajar, klub senam, PNS dan masyarakat umum tumpah ruah di depan Balai Kota Semarang, Minggu (5/8). Mereka berkumpul untuk mengikuti senam poco-poco sekaligus pencatatan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Tidak hanya itu saja, sekitar 2.000 peserta Sepeda Nusantara dan Colour Run tidak mau ketinggalan ikut meramaikan pembukaan serangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia (RI) di Kota Semarang. Turut hadir dalam event tersebut perwakilan dari Kemenpora, yakni Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif, Jonni Mardizal beserta Muspida.

Dalam sambutannya, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, acara tersebut menjadi salah satu bukti bahwa seluruh warga kota Semarang memiliki semangat nasionalisme yang tinggi. Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga digelorakan semangat untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan.

Peringatan kemerdekaan Indonesia merupakan pengingat bahwa nikmat kemerdekaan yang dirasakan sampai dengan saat ini bukan merupakan pemberian penjajah atau bangsa lain. “Namun nikmat Allah SWT yang dibarengi dengan ikhtiar berupa perjuangan para pahlawan yang dalam keterbatasan, rela mengorbankan jiwa, harta bahkan juga raganya dengan cucuran darah demi merebut kemerdekaan,” tandasnya.

Di samping itu, event Sepeda Nusantara dan Colour Run juga merupakan sebuah simbol semangat kebersamaan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan di dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Hendi pun berpesan agar semangat perjuangan dalam kebersamaan diteruskan sampai di tingkat kecamatan dan kelurahan, melalui berbagai kegiatan mulai yang sifatnya perlombaan, pemasangan umbul-umbul, mempercantik gapura dan taman hingga menghias jalan di kampung.

“Saya berharap agar camat dan lurah mengajak warganya untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI kali ini melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran serta seluruh masyarakat," ajaknya.

Sementara itu, Staf Ahli Kemenpora RI Bidang Ekonomi Kreatif, Jonni Mardizal, usai hadir dalam event tersebut menjelaskan event Sepeda Nusantara dan Colour Run merupakan program pemerintah pusat bidang olahraga yang diinisiasi oleh Presiden RI Joko Widodo. "Program ini dimaksudkan membangun dari desa dan daerah-daerah dimana dari sana semua warga bisa bergerak bersama membangun Negara Indonesia," kata dia.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk membangun semangat olah raga warga Indonesia sesuai dengan UU nomor 3 tahun 2005. "Di mana tujuan akhirnya menjadi warga yang sehat, bugar sehingga kekuatan dan ketahanan negara akan terwujud," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Peristiwa
  2. Olahraga
  3. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA