1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Seksi, jabatan direksi PDAM Semarang jadi rebutan puluhan pelamar

"Jadi sejak awal tahun kami memang membuka kesempatan bagi peminat dan profesional yang memiliki kapasitas dan kemampuan mengelola Perusda ini,"

PDAM Kota Semarang. Foto/istimewa. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Jum'at, 19 Januari 2018 17:50

Merdeka.com, Semarang - Jabatan pada jajaran direksi di lingkungan PDAM Tirta Moedal Kota Semarang ternyata cukup bergengsi. Hal ini terbukti minat masyarakat untuk menduduki posisi itu cukup banyak.

Sebanyak 54 peminat ikut mendaftarkan diri untuk melamar direksi di PDAM Tirta Moedal tahun ini. Nantinya, mereka akan diseleksi untuk mengisi sejumlah jabatan yang kosong di instansi penyedia air bersih itu.

Pj Sekda Kota Semarang Agus Riyanto kepada wartawan di Balaikota, Jumat (19/1), mengatakan, perekrutan jajaran Direksi di PDAM Tirta Moedal memang sudah dilakukan. Hal ini menyusul masa jabatan seluruh direktur PDAM memang habis tahun ini.

"Jadi sejak awal tahun kami memang membuka kesempatan bagi peminat dan profesional yang memiliki kapasitas dan kemampuan mengelola Perusda ini," terangnya.

Dia menjelaskan, dari 54 peminat, sebanyak 17 diantaranya melamar untuk jabatan direktur utama (Dirut). Sedang jabatan direktur umum (Dirum) sebanyak 25 orang dan direktur teknik (Dirtek) diminati 12 orang.

Agus mengakui, proses pendaftaran sudah ditutup sejak 12 Januari lalu. Pengumuman dilakukan secara terbuka dan transparan sehingga peminat bisa langsung mengetahui melalui media massa. "Kami lakukan rekrutmen dan seleksi direktur PDAM ini secara terbuka dan transparan agar diketahui masyarakat banyak," terangnya.

Ditambahkan Agus, setelah melalui proses seleksi administrasi, peminat akan mengikuti ujian tertulis dan assesment dari tim. Setelah itu mereka wajib melakukan ekspos direktur terkait visi misi dan bussines plan.

Setelah itu, akan dilanjutkan dengan paparan dan wawancara dari tim ahli. Tim ahli ini kesemuanya beranggotakan profesional dan mereka yang ahli di bidangnya. "Setelah dilakukan resume oleh tim ahli, hasilnya akan diserahkan ke Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang untuk ditindaklajuti dengan wawancara," imbuh Agus.

Hasil final calon direksi PDAM nantinya masih akan disampaikan kepada DPRD Kota Semarang untuk dipertimbangkan. "Diperkirakan pengumuman proses rekrutmen direksi ini akan tuntas pada pertengahan tahun ini," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA