1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Semargres Jadi Daya Tarik Peak Season di Kota Semarang

"Semargres pada tahun ini melibatkan sedikitnya 1.289 peserta..."

Wali Kota Hendi.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Jum'at, 28 Juni 2019 18:32

Merdeka.com, Semarang - SEMARANG - Program Semarang Great Sale (Semargres) yang digelar Pemerintah Kota Semarang dengan menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin), serta Grab Indonesia pada 28 Juni-28 Juli 2019 akan melibatkan seribuan peserta dari berbagai segmen. Diyakini, momen ini akan menjadi daya tarik pada saat peak season di Kota Semarang.

"Semargres pada tahun ini melibatkan sedikitnya 1.289 peserta yang terdiri dari pelaku usaha kelas atas hingga pedagang di pasar-pasar tradisional," kata Ketua Panitia Semargres 2019, Wijaya Dahlan di Semarang, Jumat (28/6).

Hal itu disampaikan Wijaya di sela pembukaan Semargres 2019 dengan penempelan stiker di beberapa lapak pedagang tradisional di Pasar Peterongan Semarang. Pembukaan Semargres 2019 dilakukan oleh Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara, dan Executive Director Grab Indonesia Ongki Kurniawan.

Wijaya menjelaskan, masyarakat yang mengikuti Semargres 2019 dengan berbelanja di pasar-pasar tradisional yang ikut menjadi peserta Semargres, berkesempatan memenangkan berbagai hadiah yang telah disediakan. "Kalau beruntung nanti, beli cabai saja bisa dapat mobil," ujarnya.

Menurut dia, Semargres 2019 mendukung program Bank Indonesia tentang Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT). Sehingga dalam kegiatan tahunan tersebut, pihaknya menggandeng sejumlah pihak dan bank untuk turut memaksimalkan transaksi nontunai.

Selama bertransaksi dalam ajang diskon ini, lanjut Wijaya, masyarakat tinggal mengunduh aplikasi Semarang Great Sale di ponsel masing-masing, kemudian ikuti langkah yang ada di dalam aplikasi sehingga bisa mendapatkan e-kupon setelah bertransaksi.

"Pembayaran apapun dengan cara nontunai, maka kupon akan dikalikan dua, dan jika menggunakan Ovo akan dikalikan tiga. Nanti, e-kupon ini akan terakumulasi selama Semargres berlangsung, sehingga semakin banyak kupon yang diperoleh, semakin besar kesempatan mendapatkan hadiah utama, yakni mobil," katanya.

Di tempat berbeda, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menuturkan bahwa Semargres menjadi salah satu sarana untuk menggenjot transaksi saat peak season.

"Dalam pengembangan sektor pariwisata ada yang namanya low season, shoulder season, dan peak season di mana pergerakan wisatawan ada pada puncaknya. Untuk itu, dengan adanya Semarang Great Sale saat di peak season ini, pergerakan wisata yang banyak ini bisa didorong untuk terkonversi menjadi peningkatan transaksi belanja juga," lanjut Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu.

Selain itu, Semargres juga bertujuan meningkatkan perekonomian rakyat kecil karena menggandeng pedagang di pasar-pasar tradisional yang merupakan bagian dari warga Kota Semarang.

Ia menyebutkan dalam waktu yang bersamaan dengan penyelenggaraan Semargres 2019 juga akan ada beberapa kegiatan berskala nasional dan internasional di Kota Semarang.

"Ada banyak kegiatan di Semarang yakni pertemuan Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), Kejuaraan Dunia MXGP, dan Asian School Games sehingga diharapkan para tamu akan ramai-ramai berbelanja di Semargres," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara optimistis Semargres 2019 akan lebih baik dan lebih sukses dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Saya melihat Semargres 2019 semakin baik dan semakin bisa diterima masyarakat berkat kerja keras panitia dan sinergi dengan Pemkot Semarang. Saya yakin nilai transaksinya cukup tinggi, Rp250-300 miliar," katanya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA