1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Tiket KA Mudik Lebaran di Daop 4 Semarang Ludes Terjual

"Saya sarankan untuk pembelian tiket bisa melalui aplikasi KAI Accses, karena itu akan lebih valid ketersediaan tempat duduknya,"

Krisbiyantoro saat diwawancarai awak media, Kamis (21/3).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Kamis, 21 Maret 2019 18:46

Merdeka.com, Semarang - PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang menyebut sejumlah tiket Kereta Api (KA) H-2 Lebaran 2019 dari Jakarta menuju ke Semarang dan Semarang ke Surabaya telah ludes terjual.

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, tiket KA untuk Lebaran yang habis mayoritas merupakan KA favorit yakni kelas ekonomi.

"Tiket angkutan Lebaran arus mudik dari Stasiun Gambir, Pasar Senen ke Semarang memang favorit, sudah habis terutama kelas ekonomi seperti Brantas, Kertajaya. Begitu juga Semarang-Surabaya Pasar Turi, Malang, Blitar di arus sebelum lebaran H-2 sudah habis terjual yang kelas ekonomi," ujarnya, Kamis (21/3)

Kris mengatakan, tiket arus balik Lebaran dari Semarang menuju Stasiun Gambir dan Surabaya-Semarang H+2 hingga H+6 beberapa telah ludes terjual. Dari tiket yang disediakan, kini hanya menyisakan beberapa saja.

Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat selalu aktif memantau ketersediaan tiket melalui aplikasi resmi KAI, yakni KAI Accses. Melalui pantauan dari aplikasi tersebut, masyarakat akan tahu ketersediaan tiket secara riil.

"Saya sarankan untuk pembelian tiket bisa melalui aplikasi KAI Accses, karena itu akan lebih valid ketersediaan tempat duduknya," paparnya.

Untuk diketahui, KAI Daop 4 Semarang mengoperasikan 67 kereta api sepanjang masa angkutan Lebaran 2019 dengan 56 di antaranya adalah KA reguler. Sementara sisanya sebanyak 11 KA adalah KA tambahan.

Jumlah KA yang dioperasikan pada masa angkutan Lebaran tahun ini mengalami sedikit peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni 1%. Pada masa angkutan Lebaran tahun lalu, KAI Daop 4 Semarang mengoperasikan 66 KA.

Setiap hari, KAI Daop 4 Semarang menyediakan 45.606 tempat duduk untuk KA jarak jauh dan KA lokal pada 2019 atau mengalami kenaikan sebanyak 12% dari periode yang sama 2018, yaitu 40.890 tempat duduk.

Masyarakat yang ingin memesan tiket kereta api untuk masa angkutan Lebaran sudah bisa melakukan pemesanan mulai 25 Februari 2019 (H-90) untuk KA keberangkatan mulai 26 Mei 2019 atau H-10 Lebaran.

Sementara pemesanan tiket kereta api tambahan mulai dapat dipesan pada H-60. Perusahaan mengoperasikan KA tambahan pada masa angkutan lebaran 2019 guna mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pada masa arus mudik dan balik lebaran 2019.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Layanan Publik
  2. Peristiwa
KOMENTAR ANDA