1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Tarif PDAM Akan Naik, Konsumen Minta Pelayanan Prima

"Kalau tarifnya naik ya kualitas air dan pelayanannya harus ditingkatkan,"

Sosialisasi penyesuaian tarif air minum kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) se-Kota Semarang.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Jum'at, 26 Juli 2019 17:46

Merdeka.com, Semarang - PDAM Tirta Moedal melakukan sosialisasi penyesuaian tarif air minum kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) se-Kota Semarang. Kegiatan itu dilaksanakan di ruang Joglo, PDAM Tirta Moedal, Jumat (26/7).

Kenaikan tarif akan berlaku di penagihan Agustus 2019. Para perwakilan LPMK dalam acara tersebut meminta agar kenaikan tarif diimbangi dengan peningkatkan mutu pelayanan dan mutu kepada pelanggan.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Semarang Ngargono menginginkan adanya tarif khusus bagi warga miskin. Sehingga kenaikan tarif tersebut tidak memberatkan konsumen kurang mampu.

"PDAM Tirta Moedal harus mencontoh kenaikan tarif listrik yang dilakukan PLN. Dalam perjalannya hampir tidak ada gejolak," ujarnya di sela acara sosialisasi tersebut.

Dia menjelaskan, prinsip penetapan tarif air minum adalah harga terjangkau dan adil. Selain itu sebagai cara efisiensi pemakaian air, transparan dan akuntabel.

"Kenaikan tarif ini harus ada keberpihakan terutama kepada konsumen yang kurang mampu tanpa mengurangi mutu pelayanan," imbuhnya.

Ketua LPMK Kelurahan Tawangsari, Sudirman mengeluhkan dalam beberapa tahun terakhir, air yang mengalir di wilayahnya sangat kurang.

"Air mengalir tidak banyak, crat-cret sedikit sekali kurang bagus mengalirnya. Kami juga sudah beberapa kali melapor tapi belum ada perubahan hingga sampai saat ini," katanya.

Ketua LPMK Kelurahan Karangayu Said mengaku bingung ketika harus memberikan sosialisasi terutama ketua RT dan RW di wilayahnya tentang kenaikan tarif itu. Sebab, selama ini masih banyak komplain air PDAM oleh warganya.

"Apalagi kalau tarif naik seperti ini pasti banyak yang komplain. Kalau tarifnya naik ya kualitas air dan pelayanannya harus ditingkatkan," tandasnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Layanan Publik
KOMENTAR ANDA