1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Tia Hendi Antar TP PKK Raih Penghargaan Nasional

"Penghargaan ini merupakan prestasi kita bersama. Capaian ini menunjukkan bahwa PKK Kota Semarang telah mampu menjalankan perannya..."

Tim Penggerak (TP) PKK Kota Semarang menerima penghargaan Pakarti Utama I Tingkat Nasional.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Jum'at, 26 Juli 2019 06:22

Merdeka.com, Semarang - Tim Penggerak (TP) PKK Kota Semarang menerima penghargaan Pakarti Utama I Tingkat Nasional, sebagai pelaksana terbaik Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) kategori kota, di Padang, Sumatra Barat, Kamis (25/7).

Penghargaan diberikan kepada TP PKK Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat sebagai wakil Kota Semarang. Penghargaan diserahkan oleh Ketua TP PKK Republik Indonesia, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Apresiasi tersebut sendiri diberikan bertepatan dengan acara Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) tingkat nasional ke-47.

TP PKK Kelurahan Gisikdrono berhasil meraih prestasi tertinggi setelah dinilai berhasil mengungguli wakil TP PKK lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Sejumlah program dan inovasi yang selama ini dijalankan pun juga menjadi faktor penentu keberhasilan TP PKK Gisikdrono.

Antara lain program-program prioritas pemenuhan hak anak sejak 2016 yang rutin dilaksanakan oleh TP PKK Gisikdrono, seperti memberikan training mendongeng untuk anak, training gender bagi pendamping SD, SMP, SMA.

Di samping itu, juga dilakukan sosialisasi seperti kenakalan remaja, resiko seks bebas dan narkoba, sosialisasi pencegahan kekerasan seksual terhadap anak, pemahaman KDRT dan pencegahan pernikahan usia dini.

Tidak hanya dalam bentuk program saja, fasilitas umum yang terdapat di Kelurahan Gisikdrono pun mendukung bagi perkembangan anak. Pelayanan ramah difabel, wahana bermain anak, dan rumah pintar menjadi contoh fasilitas yang tersedia.

Secara khusus, penghargaan tersebut juga menegaskan vitalnya eksistensi dan peran PKK dalam pembangunan Kota Semarang. Krisseptiana Hendrar Prihadi pun mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh kader PKK Kota Semarang atas capaian yang positif ini.

"Penghargaan ini merupakan prestasi kita bersama. Capaian ini menunjukkan bahwa PKK Kota Semarang telah mampu menjalankan perannya dengan sangat luar biasa khususnya di dalam upaya mencetak anak-anak yang cerdas, mandiri dan berdaya saing," ujar Tia Hendi, sapaan akrab Ketua TP PKK kota Semarang tersebut.

Di bawah kepemimpinan Tia Hendi, PKK Kota Semarang sukses mengelola program pola asuh anak dan remaja sehingga meraih beragam penghargaan. Penghargaan yang telah diraih sebelumnya di antaranya juara III lomba pemberdayaan masyarakat tingkat nasional 2016, Juara II PKK tergiat tingkat Kota Semarang 2017, lalu Juara I lomba pola asuh anak dan remaja tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2018.

Dia berharap, dengan diterimanya Penghargaan Pakarti Utama I tingkat nasional tahun 2019 oleh Tim Penggerak PKK Gisikdrono, Kota Semarang dapat menambah portofolio prestasi sehingga menjadi role model bagi TP PKK di seluruh Indonesia.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
  2. Penghargaan
KOMENTAR ANDA