1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Wali Kota Semarang Raih Asia Best Mayor 2019

"Maka tentu saja terima kasih atas apresiasinya, tapi ini adalah apresiasi untuk seluruh masyarakat Kota Semarang,"

Wali Kota Hendi bersama salah satu difabel mengajak menaiki bus wisata Si Kuncung, belum lama ini.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Senin, 29 Juli 2019 20:52

Merdeka.com, Semarang - Setelah beberapa waktu lalu Kota Semarang mendapat pengakuan dari European Society for Quality Research, kini giliran Asia Global Council (Dewan Global Asia) yang memberikan apresiasi. Melalui ajang Asia Global Award 2019, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ditetapkan sebagai Asia Best Mayor of The Year 2019.

Penghargaan itu pun diserahkan oleh Presiden Dewan Global Asia Michael Tan kepada Kepala Bagian Humas Kota Semarang yang saat itu mewakili Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang.

Dalam sambutannya, Michael Tan menegaskan, apresiasi itu diberikan atas dasar kegigihan, prestasi dan sumbangsih dalam pembangunan.

"Pembangunan harus dilihat secara dinamis, dan pembangunan pada dasarnya mencakup berbagai perubahan mendasar, struktur sosial, sikap-sikap masyarakat dan institusi-institusi sosial. Selain itu juga mengejar akselerasi pertumbuhan ekonomi, penanganan ketimpangan pendapatan, serta pengentasan kemiskinan," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Hendi berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Dewan Global Asia tersebut. Namun, dirinya menegaskan bahwa perubahan Kota Semarang saat ini adalah hasil dukungan semua pihak.

"Perubahan positif yang terwujud hari ini adalah karena semua ikut mendorong. Maka tentu saja terima kasih atas apresiasinya, tapi ini adalah apresiasi untuk seluruh masyarakat Kota Semarang," tegas Hendi.

Adapun sebelum menetapkan Hendi sebagai Asia Best Mayor of The Year 2019, Asia Global Council sendiri terlebih dahulu melakukan entry data untuk menilai sejumlah aspek yang mencakup pendidikan, dampak kepemimpinan, pemasaran, dan inovasi di tingkat Asia. Hasil entry data tersebut kemudian dikerucutkan dengan melakukan pengukuran gaya kepemimpinan, kecepatan merespon masalah dan daya tarik.

Yang terakhir, masyarakat setempat dilibatkan untuk memberikan gambaran kepuasan serta kemanfaatan dari kepemimpinan para nominator. Wawancara pun dilakukan kepada masyarakat tanpa sepengetahuan nominator. Dengan begitulah panitia berharap memperoleh gambaran nyata respon masyarakat terhadap hasil pembangunan penerima penghargaan.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
  2. Penghargaan
KOMENTAR ANDA