1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Era disrupsi, kuasai satu bidang keahlian saja tak cukup

"Untuk itulah, mahasiswa tidak boleh hanya menguasai satu bidang saja,"

Rektor Muhdi memberikan tanda kepesertaan kepada perwakilan mahasiswa baru. Foto/Humas UPGRIS. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Rabu, 15 Agustus 2018 19:02

Merdeka.com, Semarang - Memasuki era disrupsi seperti saat ini, untuk dapat sukses di dunia pekerjaan tak cukup hanya menguasai satu bidang keahlian saja. Seseorang dituntut memiliki banyak keahlian, dan hal itu harus dipersiapkan sejak masih duduk di bangku kuliah.

Hal itu disampaikan oleh Rektor Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Muhdi di hadapan para mahasiswa baru pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2018 di Gedung Balairung Kampus UPGRIS, Rabu (15/8). “Kita harus sadar bahwa revolusi industri telah menuntut para tenaga kerja harus memiliki banyak keterampilan. Untuk itulah, mahasiswa tidak boleh hanya menguasai satu bidang saja," ujarnya seperti dikutip dari upgris.ac.id.

Menurutnya, sebagai mahasiswa baru, harus memiliki persiapan diri dengan matang selama menempuh studi di kampus. Terutama dalam hal pengembangan soft skill maupun hard skill selama berada di kampus. Dengan memiliki lebih dari satu keahlian, akan mempermudah beradaptasi pada segala perubahan di lingkungan kerja nantinya. "Kuasai bidangmu, dan pelajari bidang lain sebagai penunjang bidang yang kalian tekuni,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PKKMB Slamet Supriyadi menyampaikan para mahasiswa baru tersebut akan mengikuti program tersebut selama tujuh hari. Pada proses itu, mahasiswa baru diajak mengenal lingkungan kampus sedekat mungkin. Baik fasilitas di kampus, berbagai organisasi kemahasiswaan, serta berbagai hal lainnya.

“Mahasiswa akan dikenalkan pada fasilitas, program, dari urusan akademik hingga pengembangan kreatifitas lainnya. Dan di akhir acara akan digelar malam inagurasi,” ungkapnya.

(NS)
  1. Pendidikan
KOMENTAR ANDA