1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Hendi Bawa Kota Semarang Raih Prestasi Kinerja Tertinggi

Raihan penghargaan tersebut merupakan kali ke-5 yang ditorehkan Pemkot Semarang sejak tahun 2013.

Mendagri Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada Camat Tugu yang mewakili Wali Kota Semarang di Stadion Diponegoro, Banyuwangi.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Kamis, 25 April 2019 18:34

Merdeka.com, Semarang - Menjelang ulang tahun yang ke-472, Kota Semarang memperoleh kado istimewa. Kota yang dipimpin Wali kota Hendrar Prihadi ini meraih prestasi kinerja tertinggi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2017 dari pemerintah pusat.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Mendagri Tjahyo Kumolo kepada Wali Kota Semarang yang diwakili oleh Camat Tugu Anton Siswantono pada peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII Tahun 2019 di Stadion Gelora Diponegoro Banyuwangi, Kamis (24/4).

Raihan penghargaan tersebut merupakan kali ke-5 yang ditorehkan Pemkot Semarang sejak tahun 2013. Hal ini menunjukkan kinerja Wali kota Semarang bersama jajarannya telah berhasil memenuhi ekspektasi masyarakat dalam menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab.

Adapun indikator penilaian dalam penghargaan tersebut di antaranya adalah Pengambil Kebijakan, Pelaksanaan Urusan Pemerintahan, serta Pelaksana Kebijakan seluruh perangkat daerah. Terkait ketiga indikator tersebut, Pemkot Semarang berhasil memenuhi kriteria tim penilai.

Usai menyerahkan penghargaan, Tjahjo Kumolo menyebutkan bahwa untuk mewujudkan pelaksanaan otonomi daerah yang baik, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

“Dengan melaporkan LPPD dan mempublis Ringkasan LPPD kepada masyarakat, dapat terlihat bagaimana capaian kinerja penyelenggaraan Pemerintah daerah selama satu tahun sebagai perwujudan transparansi dan akuntabilitas,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan bahwa penghargaan ini didedikasikan kepada masyarakat. Hendi, sapaan akrab wali kota, menyampaikan, pihaknya bersama seluruh jajaran Pemkot Semarang terus berkomitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan bertanggung jawab.

"Raihan penghargaan menjelang hari jadi kota Semarang ini patut kita syukuri. Ini menunjukkan bahwa kita sudah berada di track yang benar, sehingga hal ini akan terus kita pertahankan demi terwujudnya kota Semarang yang lebih baik dan semakin hebat," ujar Hendi.

Lebih lanjut, Hendi menyampaikan bahwa sudah menjadi tanggung jawabnya untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab. Selain itu, pemerintahan di Kota Semarang juga harus mampu menjawab tuntutan masyarakat secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
  2. Penghargaan
KOMENTAR ANDA