1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Kuasai Kursi DPRD, Pengamat Sebut Hendi Jadi Daya Ungkit PDI Perjuangan

"Sebagai Ketua PDI Perjuangan Kota Semarang di dalam kampanye, beliau mendukungnya luar biasa dan hasilnya suara PDIP naik di Kota Semarang,"

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi hadir dalam rapat pleno penetapan 50 calon terpilih anggota DPRD Kota Semarang periode 2019 - 2024, di Gedung Juang 45 Jalan Pemuda Kota Semarang, baru-baru ini.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Rabu, 24 Juli 2019 06:16

Merdeka.com, Semarang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang telah menetapkan 50 calon terpilih anggota DPRD Kota Semarang periode 2019 - 2024, di Gedung Juang 45 Jalan Pemuda Kota Semarang, Senin (22/7). Dibacakan langsung oleh Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, penetapan dilakukan dengan menyebutkan perolehan suara masing-masing partai, termasuk menyampaikan metode perolehan kursi yang dilakukan.

PDI Perjuangan Kota Semarang akhirnya secara sah mendudukkan 19 kadernya di DPRD Kota Semarang untuk periode 2019 - 2024. Hasil tersebut melonjak dibandingkan raihan PDI Perjuangan Kota Semarang di pileg sebelumnya, sebanyak 15 kursi.

Sedangkan, kondisi terbalik justru dialami oleh sejumlah partai yang harus rela berkurang kursinya di DPRD Kota Semarang. Antara lain Partai Gerindra dari 7 kursi menjadi 6 kursi, Partai Golkar dari 5 kursi menjadi 3 kursi, PAN dari 4 kursi menjadi 2 kursi dan PPP dari 2 kursi menjadi tidak mendapatkan kursi sama sekali.

Menurut pengamat politik Universitas Diponegoro Turtiantoro, melonjaknya suara PDI Perjuangan sangat dipengaruhi oleh figur Hendrar Prihadi selaku ketua. "Posisi Mas Hendi (sapaan akrab Hendrar Prihadi) memiliki peran strategis dalam pengembangan partai. Saya melihat gaya kepemimpinan Mas Hendi cocok dengan masyarakat Semarang yang egaliter, dia sangat komunikatif," katanya.

Sebagai seorang Wali Kota, lanjut dia, Hendi disebut berhasil memperbaiki tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. "Karena selain Wali Kota, beliau juga merupakan Ketua Cabang PDI Perjuangan Kota Semarang, maka kemudian orang bermain logika," tambahnya.

Sementara itu pengamat Komunikasi Politik Stikom, Gunawan Wicaksono menambahkan, meningkatkannya suara PDI Perjuangan Kota Semarang dinilai wajar karena terafiliasi oleh figur Hendi sebagai Wali Kota Semarang. "Lumrah suaranya naik, karena beliau (Hendi) meng-endorse-nya kelihatan sekali. Sebagai Ketua PDI Perjuangan Kota Semarang di dalam kampanye, beliau mendukungnya luar biasa dan hasilnya suara PDIP naik di Kota Semarang," terangnya.

Dalam ilmu komunikasi, kata dia, ada teori yang mengatakan kinerja berkata lebih nyaring dibanding wacana. Hal tersebut menjadi keuntungan PDI Perjuangan Kota Semarang tatkala incumbent kinerjanya baik. "Figur Pak Hendi berpengaruh, karena kinerjanya dinilai baik," tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Gultom mengatakan, penetapan anggota DPRD tersebut sesuai PKPU 5 tahun 2019. Ketua KPU Kota Semarang pun menjelaskan jika dalam penetapan kursi pihaknya menggunakan form DB1 hasil pleno tingkat kota yang dimasukan ke dalam form penghitungan. "Lembar form kami dapatkan dari website situng. Hasil perolehan masinh-masing partai kami sampaikan. Kami juga meminta tanggapan dan alhamdulillah hasilnya sama tidak ada perubahan," jelas Henry.

Di sisi lain terkait pelantikan calon DPRD Kota Semarang terpilih, Henry belum dapat menyampaikan jadwal pastinya, namun sesuai jadwal pelantikan akan dilakukan Agustus 2019. "Kami belum bisa menyampaikan karena kami akan menunggu jadwal dari KPU RI dan KPU Provinsi Jawa Tengah," sebutnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Politik
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA