1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi, Hendi Optimistis Mangunharjo Juara Umum

"Saya optimistis Kelurahan Mangunharjo akan mampu menjadi yang terbaik mengingat kesengkuyungan warganya..."

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Senin, 17 Juni 2019 17:37

Merdeka.com, Semarang - Setelah menyabet gelar juara umum dalam kompetisi Kampung Hebat pada tahun 2018 lalu, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang kembali menunjukkan prestasinya. Kelurahan tersebut kini mewakili Kota Semarang berlaga dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 dan sudah menembus nominasi tiga besar.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, Kelurahan Manghunharjo sangat progresif perubahannya dalam 10 tahun terakhir. Baik dari bidang ekonomi, sosial, budaya, kemasyarakatan.

“Apalagi setelah masuknya salah satu universitas terbaik Indonesia, Undip. Hadirnya perguruan tinggi negeri tersebut secara otomatis mendorong banyaknya perumahan, kos-kosan, serta aktivitas kuliner yang perlu pengelolaan yang baik,” ujar Hendi, sapaan wali kota, usai menerima Tim Evaluasi Pengembangan Desa dan Kelurahan Provinsi Jateng di di kelurahan tersebut, Senin (17/6).

Melihat banyaknya inovasi serta potensi yang dimiliki, Hendi meyakini Kelurahan Mangunharjo mampu meraih prestasi terbaik dalam lomba ini. "Saya optimistis Kelurahan Mangunharjo akan mampu menjadi yang terbaik mengingat kesengkuyungan warganya di dalam membangun wilayah sudah terbukti," bebernya.

Adapun kedatangan tim penilai ke Kelurahan Mangunharjo adalah untuk melakukan verifikasi setelah kelurahan itu masuk nominasi tiga besar. Penilaian dilakukan pada tiga bidang. Yakni bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan terakhir bidang kemasyarakatan.

Pada bidang pemerintahan, terbagi ke dalam lima aspek. Masing-masing pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat, teknologi informasi, dan pelestarian adat dan budaya.

Untuk bidang kewilayahan, meliputi identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana, dan pengaturan evaluasi. Sedangkan di bidang kemasyarakatan, meliputi partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Sementara Ketua Tim Evaluasi Pengembangan Desa dan Kelurahan Provinsi Jateng Agus Suranta menyebutkan, Mangunharjo masuk nominasi 3 besar setelah sebelumnya melewati seleksi administrasi.

“Nantinya pemenang lomba kelurahan di tingkat provinsi ini akan melaju ke tingkat nasional bersama wilayah regional yang lain. Sejauh ini penilaian kami sangat baik, semoga Kota Semarang dapat kembali mendapatkan gelar juara umum seperti tahun 2018 lalu,” ujar Agus.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA