1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Tahun Ini, Semarang Diproyeksi Raih Lonjakan 2 Juta Wisatawan

"Tapi di 2019, proyeksi realisasi variabel kunjungan wisatawan ke Kota Semarang kami optimistis di angka 7,7 juta wisatawan."

Wisatawan berkumjung ke Lawang Sewu.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Minggu, 16 Juni 2019 11:59

Merdeka.com, Semarang - Pemerintah Kota Semarang mencatat dalam lima bulan terakhir tak kurang dari 3,2 juta wisatawan telah berkunjung ke Kota Semarang. Tak hanya wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara berkunjung ke Kota Lunpia.

Kepala Bidang Industri Pariwisata (Inpar) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Samsul Bahri Siregar menyebutkan, jika menilik rata-rata kunjungan di tahun sebelumnya, hingga Mei 2019 terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara sekitar 20% ke Kota Semarang.

Samsul bahkan meyakini jika jumlah kunjungan wisatawan Kota Semarang mampu menempel ketat daerah wisata unggulan lainnya di wilayah Joglo Semar (Jogja - Solo - Semarang). Sebelumnya, rata-rata peningkatan hanya sekitar 300 ribu setiap tahunnya.

"Tapi di 2019, proyeksi realisasi variabel kunjungan wisatawan ke Kota Semarang kami optimistis di angka 7,7 juta wisatawan. Sehingga, jika di 2018 kunjungan wisatawan ada di angka 5,7 juta, di tahun 2019 proyeksinya terjadi lonjakan 2 juta wisatawan ke Kota Semarang dalam satu tahun," terang Samsul.

Kepala Disbudpar Kota Semarang Indriyasari menyampaikan, proyeksi yang disebutkan oleh bidang Inpar itu, bisa jadi yang tertinggi di wilayah Joglo Semar. Sebab, jika melihat daerah wisata unggulan lain di Joglo Semar seperti Kabupaten Sleman misalnya, peningkatan wisatawan per tahunnya berkisar 1 juta wisatawan.

"Kalau Sleman di 2018 sudah bisa capai 8,5 juta wisatawan, kita optimistis dengan proyeksi lonjakan seperti ini, Semarang bisa saja melampaui di 1-2 tahun ke depan," ujarnya.

Di sisi lain, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengharapkan proyeksi lonjakan kunjungan wisatawan yang luar biasa tersebut dapat didukung oleh seluruh stakeholder di Kota Semarang. "Targetnya bukan hanya kunjungan wisatawannya saja yang naik, tetapi bagaimana secara luas berdampak bagi ekonomi Kota Semarang," paparnya.

Hendi, sapaan akrab wali kota, menambahkan, Kota Semarang menekankan komitmennya pada pembangunan di sektor wisata. "Maka ketika ditetapkan bahwa salah satu konsentrasi pembangunan Kota Semarang adalah pada sektor pariwisata, komitmen ini harus dipegang oleh seluruh pihak yang ada di Kota Semarang," imbuhnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA