1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Di Semarang, Wali Kota Se-Indonesia Sepakat Maju Bersama

"Mari kita maju bersama, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah kita masing-masing,"

Wali Kota Hendi menyerahkan cinderamata kepada Mendagri Tjahjo Kumolo usai membuka Rakernas APEKSI dan Indonesia City Expo 2019 di Hotel Po Semarang, Rabu (3/7).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Rabu, 03 Juli 2019 20:49

Merdeka.com, Semarang - Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) 2019 resmi dibuka oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Rabu (3/7). Bertempat di Hotel Po, Kota Semarang, hadir 92 delegasi pemerintah kota di Indonesia mengikuti kegiatan tersebut.

Selain Mendagri dan para wali kota anggota Apeksi, hadir pula Menteri PAN-RB Syafruddin, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Pada Rakernas yang diselenggarakan oleh Apeksi untuk ke-14 kalinya itu, dilakukan sejumlah diskusi panel mengangkat berbagai tema.

Strategi dana transfer daerah untuk mendukung profesionalitas dan kemandirian keuangan daerah, menjadi salah satu topik diskusi yang diangkat.

Tak hanya itu, kegiatan inti Rakernas Apeksi juga membahas tentang dana kelurahan untuk penguatan pemerintah daerah, serta solusi penyelesaian tenaga K-2 untuk mendukung profesionalitas di daerah.

Sebagai tuan rumah penyelenggara, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sendiri kembali menegaskan pentingnya Rakernas Apeksi 2019 sebagai momentum penguatan persatuan Indonesia.

"Semua yang hadir merupakan representasi Indonesia saat ini, khususnya masyarakat di perkotaan. Sehingga, apa yang akan disepakati bersama hari ini rasanya akan menjadi penting," ujar pria yang juga akrab disapa Hendi itu.

Hendi pun meyakini bahwa Apeksi ini akan menjadi pemicu bagi seluruh stakeholder di Indonesia, untuk bisa lebih optimistis dalam pembangunan Indonesia maju.

Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany dalam laporannya juga menegaskan bahwa seluruh anggota Apeksi telah sepakat untuk maju bersama.

"Presiden menyampaikan dalam G-20, no one left behind, kami pun juga sudah sepakat secara bersama-sama. Mari kita maju bersama, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah kita masing-masing," kata dia.

Pesan yang ingin disampaikan oleh Hendi dan Airin ditegaskan pula oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dia bahkan menyebutkan jika wali kota mempunyai tugas untuk melakukan pendinginan di daerahnya masing-masing pasca pilpres dan pileg lalu.

"Bendera start-nya di sini. Pilihan kemarin sudah selesai, Pak Jokowi, Kiai Haji Ma'ruf Amin sebelum berangkat ke G-20 sudah menyampaikan dengan sangat bagus, kami adalah Presiden dan Wakil Presiden untuk seluruh masyarakat Indonesia. Nah ini adem," ucap Ganjar.

Di sisi lain, Menteri PAN-RB Syafruddin dalam sambutannya menyebut Rakernas Apeksi di Kota Semarang sebagai momentum yang tepat untuk mendinginkan kondisi pasca pilpres.

"Kemarin saya rapat khusus dipanggil ke istana untuk membahas tentang bagaimana meng-cooling-down seluruh aparat negara, untuk kembali bekerja bersama-sama. Hari ini sudah tidak ada lagi hiruk pikuk, apalagi ngerumpi tentang kontestasi politik," ujarnya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA