1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Dugderan, Disbudpar Bakal Tampilkan Warak Ngendog Raksasa

“Kali ini kami akan menghadirkan kejutan berupa warak raksaksa setinggi enam meter."

Kepala Disbudpar Kota Semarang Indriyasari.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Rabu, 24 April 2019 17:05

Merdeka.com, Semarang - Akan ada hal berbeda dalam pawai dugderan menyambut datangnya bulan suci Ramadan di Kota Semarang, tahun ini. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang bakal menampilkan warak raksasa dalam prosesi dugderan.

Warak setinggi enam meter tersebut akan ditampilkan dalam kegiatan tersebut pada, Sabtu (4/5/2019). Kepala Disbudpar Kota Semarang Indriyasari mengatakan, gelaran dugderan tahun ini akan menampilkan warak raksasa untuk membuat kesan berbeda dari gelaran sebelumnya.

Apalagi, biasanya saat tradisi dugderan ini menghadirkan sejumlah patung warak dari setiap kecamatan. “Kali ini kami akan menghadirkan kejutan berupa warak raksaksa setinggi enam meter. Warak ini merupakan sponsor dari perhimpunan hotel dan restoran Indonesia (PHRI),” kata Iin, panggilan akrab Indriyasari.

Iin menerangkan, saat ini warak tersebut tengah dipersiapkan dan dibuat. Ditanya di mana lokasi pembuatan warak tersebut, dia belum mau membocorkannya. “Kita tunggu saja dan lihat dalam acara dugderan nanti,” imbuhnya.

Adapun arak-arakan dugderan, lanjut Iin, akan dimulai dari Balai Kota Semarang, menuju Masjid Kauman Semarang. Setelah itu acara akan dilanjutkan hingga Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). “Prosesinya upacara di Balai Kota, lalu arak-arakan ke Masjid Agung Semarang. Di sana ada prosesi sebentar, dilanjutkan ke MAJT dan disambut oleh Pemerintah Provinsi,” bebernya.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA