1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Legenda Goa Kreo Dipentaskan di TMII

"Seperti yang kami tampilkan saat ini, biasanya dipentaskan oleh ratusan orang namun karena keterbatasan space, hanya ditampilkan 60 penari..."

Pementasan Legenda Goa Kreo di TMII.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Rabu, 17 April 2019 08:09

Merdeka.com, Semarang - Kesenian asal Kota Semarang, Legenda Goa Kreo tampil di Anjungan Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, baru-baru ini. Masyarakat Berbondong-bondong datang ke lokasi itu untuk menyaksikan pentas budaya Mahakarya Legenda Goa Kreo yang ditampilkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang.

Ratusan warga yang tergabung dalam Komunitas Jawa Tengah (KJT) dan Paguyuban Wong Semarang (Pawon Semar) memadati joglo pertunjukkan. Dengan antusias mereka menunggu pertunjukan hingga tuntas disajikan. “Kegiatan semacam ini dapat menjadi jawaban rasa rindu kami terhadap Semarang,” terang Sekretaris Pawon Semar Ida Parwati.

Ia berterimakasih atas perhatian Pemkot Semarang akan warganya yang merantau. Event serupa diharapkan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Pihaknya juga berjanji akan semakin mempromosikan wisata Semarang ke luar daerah ataupun ke luar negeri.

Terlebih banyak pengurus dan anggota Pawon Semar yang berkecimpung di organisasi sosial berlevel internasional. "Kami juga siap menjadi duta promosi budaya Semarang dalam setiap kegiatan kami. Kami juga ingin melihat Semarang semakin hebat dan semakin baik terutama di bawah kepemimpinan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang visioner," tuturnya.

Sementara itu, Kadisbudpar Indriyasari menjelaskan Mahakarya Legenda Goa Kreo mengambil kisah perjalanan Sunan Kalijaga yang kesulitan membawa kayu jati yang akan dipergunakan untuk tiang Masjid Agung Demak. Saat itulah ia dibantu kera-kera penghuni Goa Kreo ini.

Untuk menghormati para kera tersebut, dibuatlah agenda Sesaji Rewandha, di mana tahun ini akan digelar pada 15 Juni mendatang atau H+3 setelah Lebaran. "Ritual ini sendiri merupakan sebuah wujud syukur warga kepada ratusan kera penghuni kawasan Goa Kreo," terangnya.

Iin, panggilan akrabnya, memastikan bahwa pihaknya akan selalu mempromosikan potensi budaya ke luar daerah. Pasalnya, selain memiliki destinasi wisata yang bagus, Semarang juga memiliki atraksi budaya yang memukau. "Seperti yang kami tampilkan saat ini, biasanya dipentaskan oleh ratusan orang namun karena keterbatasan space, hanya ditampilkan 60 penari dan pengiring," tambahnya.

Dijelaskan Iin, Legenda Goa Kreo sudah ditampilkan tiga tahun terakhir di obyek wisata Goa Kreo Waduk Jatibarang. Penampilan di TMII merupakan salah satu bentuk promosi.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
  2. Budaya
KOMENTAR ANDA