1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Mudahkan pelanggan, BLU Trans Semarang luncurkan pembayaran non tunai

"Transaksi non tunai ini merupakan inovasi kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan,"

Calon penumpang melakukan transaksi menggunakan QR-Code untuk menaiki BRT Trans Semarang, Selasa (3/4).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Selasa, 03 April 2018 14:25

Merdeka.com, Semarang - Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang terus meningkatkan inovasi untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Terbaru, BLU Trans Semarang bekerjasama dengan Telkomsel dalam pelayanan transaksi non tunai melalui QR-Code.

Transaksi non tunai tersebut merupakan tindak lanjut dari peluncuran pembayaran dengan menggunakan T-Cash Telkomsel yang diresmikan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada bulan Agustus lalu di Balai Kota Semarang.

"Transaksi non tunai ini merupakan inovasi kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan, salah satunya adalah memutakhirkan transaksi non tunai yang diharapkan akan semakin memudahkan pengguna jasa," kata Kepala BLU Trans Semarang, Ade Bhakti, Selasa (3/4).

Ade menerangkan, dengan transaksi menggunakan QR-Code, pihaknya berharap akan memudahkan dalam pembelian tiket dan menghemat waktu transaksi. Para pelanggan tinggal menunjukkan QR dalam aplikasi yang diunduh, nantinya akan langsung bisa menaiki BRT.

"Dalam waktu dekat kami juga merencanakan untuk kerjasama infrastruktur digital dengan Grab dan Ovo Indonesia di mana Grab berkomitmen mempermudah masyarakat Semarang untuk menggunakan Trans Semarang dengan mengaktifkan seluruh lokasi halte Trans Semarang di Aplikasi Grab serta ke depannya membangun shelter grab disamping halte untuk mempermudah pengguna Trans Semarang mendapatkan transportasi Grab," terangnya.

Sementara Ovo Indonesia, lanjut dia, akan membantu mengaktifkan sistem pembayaran non tunai untuk setiap pelanggan Trans Semarang. "Kerjasama koneksi aplikasi di mana OVO akan memberikan akses Application Programming Interface (API) untuk menambah layanan aplikasi Trans Semarang," tambahnya.

Ade menjelaskan, aplikasi T-Cash QR-Code (My Telkomsel), Grab dan OVO bisa diunduh di Google Play Store dan App store. Masyarakat diimbau untuk segera menngunduh aplikasi tersebut untuk memudahkan bertransaksi.

Di lain sisi, CEO T-Cash, Danu Wicaksana, mengatakan, aplikasi T-Cash Wallet merupakan salah satu user interface utama bagi layanan yang banyak digunakan oleh pelanggan. "Saat ini, T-cash tergabung sebagai tim persiapan dan pengembangan QR-Code," terangnya.

Danu mengatakan, peluncuran QR-Code ini berfungsi untuk semakin memanjakan pelanggan. Nantinya, pihaknya akan memberlakukan zero rate untuk penggunaan aplikasi ini.

"Artinya pelanggan tidak perlu membayar biaya penggunaan data untuk seluruh penggunaan aplikasi ini, pelanggan hanya perlu menggunakan data saat pertama kali mengunduh aplikasi, setelahnya tidak dipungut biaya apapun," tambahnya.

Kelebihan dari QR-Code, kata dia, adalah menjamin keamanan uang, menekan biaya, dan menghemat waktu pelayanan. Proses transaksipun cukup mudah, yaitu QR-Code dipindai dengan mesin ticketing Trans Semarang.

"Setelah kode dipindai, maka akan muncul biaya yang harus dibayar kemudian menekan tombol bayar untuk mengonrfirmasi pembayaran. Selanjutnya akan muncul layar notifikasi yang menyatakan pembayaran berhasil," bebernya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Layanan Publik
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA