1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Percantik kota, Simpang Lima Semarang segera direnovasi

"Kami targetkan semua proses lelang selesai tahun ini, sehingga tahun depan pembangunan fisik bisa dikerjakan,"

Sekertaris Dinas Tata Ruang Kota Semarang M Irwansyah saat diwawancari wartawan, Senin (22/1).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Senin, 22 Januari 2018 16:21

Merdeka.com, Semarang - Kawasan Simpang Lima Kota Semarang akan diubah dan direnovasi menjadi lebih cantik dan tertata. Rencananya, renovasi akan dilakukan tahun depan. Sekertaris Dinas Tata Ruang Kota Semarang M Irwansyah mengatakan, anggaran untuk proses tersebut sudah disiapkan sebesar Rp1,7 miliar.

"Saat ini progresnya masih penyusunan Kerangka Acuan Kerja (KAK). Setelah itu akan kami masukkan Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk proses lelang. Kami targetkan semua proses lelang selesai tahun ini, sehingga tahun depan pembangunan fisik bisa dikerjakan," kata Irwansyah, Senin (22/1).

Nantinya, lokasi Simpang Lima akan dibuat bangunan lima lantai kebawah. Selain itu, jalanan yang menghubungkan Simpang Lima juga akan dibuat di bawah lapangan Simpangl Lima atau underpass.

"Jadi nanti Jalan Pandanaran menuju Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pahlawan menuju Jalan Gajahmada akan melintasi bawah lapangan Simpang Lima. Kami buatkan underpass di bawahnya," terangnya.

Selain itu, bangunan lima lantai di bawah Simpang Lima lanjut dia akan digunakan untuk tempat parkir. Selain itu, sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) juga rencananya akan dimasukkan ke bangunan itu.

"Rencana di Simpang Lima itu di bawah akan ada ruang parkir, untuk meningkatkan ekonomi nanti ada mall-nya, kegiatan bisnisnya dikembangkan di sana," tegasnya.

Penataan kawasan Simpang Lima, lanjut Irwansyah, dilakukan agar lokasi itu lebih rapi dan tertata. Sebab selama ini, kawasan itu terlihat kumuh, sering macet dan sering banjir. "Apalagi ada parkir dan PKL yang belum tertata, makanya kami ingin mengubah hal itu," tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi membenarkan jika Pemkot Semarang memang berencana menata kawasan Simpang Lima. Sebab, lokasi itu merupakan ikon Kota Semarang yang disebut kawasan berlian.

"Simpang Lima itu ikon Kota Semarang. Namun sampai saat ini masih banyak problem di sana. Jadi kami akan berupaya melakukan penataan," kata Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu.

Sudah banyak usulan yang masuk ke Pemkot Semarang. Ada yang mengusulkan pembuatan underpass, flyover bahkan ada yang mengusulkan agar lingkaran lapangan Simpang Lima diperkecil.

"Itu wacana-wacana yang berkembang. Kami akan lakukan kajian lebih mendalam. Intinya kami ingin melakukan penataan agar kawasan berlian itu semakin baik, pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Infrastruktur
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA