1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Peringati HUT ke-74 RI, Hendi Gelar Khataman Alquran

"...ini merupakan wujud rasa syukur kita atas nikmat yang sudah diperoleh oleh bangsa Indonesia dan khususnya Kota Semarang,"

Wali Kota Hendi saat mengikuti acara doa bersama yang digelar di Balai Kota Semarang, baru-baru ini.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Selasa, 13 Agustus 2019 18:40

Merdeka.com, Semarang - Tak hanya tentang hingar bingar kemeriahan, Pemerintah Kota Semarang juga akan mengadakan kegiatan yang bersifat rohani dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Pada 16 Agustus malam, Pemkot Semarang akan menyelenggarakan Khataman Alquran, doa bersama dan renungan suci.

Khataman Alquran menurut rencana akan dilaksanakan di Lobi Kantor Wali Kota Semarang pada Jumat (16/8) dimulai pukul 16.00WIB. Khataman akan dipimpin oleh KH Khamad Maksum dan diikuti oleh 30 santri dari Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an Kauman Semarang.

Ponpes Roudlotul Qur’an sendiri merupakan Ponpes yang berlokasi di dekat Masjid Agung Semarang yang sejak tahun 1950-an telah meluluskan penghafal Alquran. Dalam kegiatan khataman tersebut, masing-masing santri akan membaca 1 juz dan diakhiri dengan doa penutup khataman Alquran. Usai khataman, dilanjutkan dengan doa besama atau malam tirakatan.

"Demi menjaga kekhusyukan acara, Pemerintah Kota Semarang tidak mengundang masyarakat umum. Masyarakat baru bisa ikut hadir pada acara doa bersama dan malam tirakatan yang dilaksanakan usai Khataman Alquran," kata Pelaksana Harian Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Semarang, Imron.

Lebih lanjut Imron menuturkan, acara Khataman Alquran ini rutin digelar setiap HUT Kemerdekaan RI oleh Pemkot Semarang. Dengan harapan, Kota Semarang senantiasa dilindungi Allah SWT dan hajat Bangsa Indonesia dikabulkan Allah SWT.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, melalui Khataman Alquran, Pemkot Semarang menggunakan momentum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia untuk dapat semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dan sekaligus momen untuk bermunajat kepada Allah SWT.

"Kemerdekaan Indonesia diraih atas perjuangan para pahlawan yang merupakan keberkahan dari Allah SWT. Sehingga khataman Alquran ini merupakan wujud rasa syukur kita atas nikmat yang sudah diperoleh oleh bangsa Indonesia dan khususnya Kota Semarang," tutur Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang tersebut.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA