1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Sampah Menumpuk di Pasar Wonodri, Hendi Semprot Petugas Kebersihan

"Ya manajemen pengelolaan pasar termasuk kebersihannya saya minta ditingkatkan."

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berdialog dengan pedagang Pasar Wonodri, Rabu (6/2).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Rabu, 06 Februari 2019 17:26

Merdeka.com, Semarang - Emosi Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi langsung meninggi saat melihat tumpukan sampah di Pasar Wonodri Kota Semarang, Rabu (6/2). Apalagi, dirinya melihat di pasar itu sudah ada petugas kebersihan yang ditugaskan membersihkan pasar.

Awalnya tinjauannya ke pasar yang baru selesai dibangun oleh Pemerintah Kota Semarang tersebut berjalan biasa. Wali kota yang akrab disapa Hendi itu dengan teliti mengamati keadaan tiap los dan lorong pasar.

Namun dirinya kemudian terhenti ketika mendapati tumpukan sampah di salah satu lorong lantai tiga pasar yang tidak dibersihkan. Hendi pun lantas mencari petugas kebersihan untuk meminta keterangan. "Ini kok sampahnya menumpuk, membersihkannya jam berapa?" tanya Hendi kepada salah satu petugas kebersihan di Pasar Wonodri dengan nada sedikit meninggi.

Dengan kaget, petugas kebersihan itu menjawab jika setiap hari sudah muter membersihkan pasar. "Muter? Ini lihat sampahnya banyak seperti ini. Ayo cepat dibersihkan. Mas! Mosok kudu dikongkon? (Masa harus disuruh?)," tegas Hendi, sambil menunjuk tumpukan sampah satu di salah satu lorong pasar.

Tak hanya itu, nada bicara Hendi juga sempat meninggi usai mendengar keluhan salah satu pedagang ikan di los pasar lantai dua karena tempat jualannya basah oleh air hujan. Lubang ventilasi keluar pasar yang terlalu lebar pun disebutkan menjadi penyebab air hujan masuk.

Sambil mengernyitkan dahi, Hendi pun langsung memanggil Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang untuk melihat kondisi los yang basah. "Kalau keliling melakukan pengecekan itu posisikan diri kita menjadi pedagang juga, sehingga bisa benar-benar merasakan yang dikeluhkan, lihat ini," tegas Hendi pada Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang.

Hendi sendiri mengatakan akan kembali melakukan evaluasi manajemen pengelolaan Pasar Wonodri sebulan ke depan. "Ya manajemen pengelolaan pasar termasuk kebersihannya saya minta ditingkatkan. Saya hari ini masih maklum karena pedagang baru masuk, tapi nanti satu bulan lagi kita tinjau, semoga manajemen sudah berjalan baik," katanya.

Di sisi lain, salah satu pedagang yang mengeluhkan losnya basah terkena air hujan, Ibu Rahmad mengaku senang atas perhatian yang diberikan oleh Wali Kota Hendi.

"Keluh saya cuma itu saja, tadi kata Pak Wali nanti akan dipikirkan. Ya saya senang sekali Pak Wali langsung datang, waduh kok perhatian sekali dalam hati saya," terang warga Wonodri Baru tersebut.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA