1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Sempat bermasalah, pembangunan Pasar Kanjengan Johar selesai 100%

"Pekerjaan sudah selesai dan dilakukan serah terima pekerjaan."

Warga melintas di pasar Kanjengan yang telah selesai dibangun. Meski sempat terhambat, namun pembangunan pasar tersebut telah selesai 100%.. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Rabu, 07 Februari 2018 17:25

Merdeka.com, Semarang - Meski sempat bermasalah karena tidak selesai hingga akhir kontrak, proyek pekerjaan tahap I pembangunan Pasar Kanjengan kini telah selesai 100%. Pekerjaan itu telah diserahterimakan oleh Kontraktor pelaksana yaitu PT Sinar Cerah Sejahtera (SCS) kepada pejabat pembuat komitmen (PPKom).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, dari hasil serah terima pekerjaan tersebut, PPKom telah menyatakan pekerjaan selesai 100 persen hingga Senin (5/2) lalu. "Pekerjaan sudah selesai dan dilakukan serah terima pekerjaan. Tujuannya untuk mem-back up kalau ada pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," kata Fajar.

Dari hasil pembangunan, Fajar mengatakan jika tahap I pembangunan kali ini meliputi pembangunan fisik gedung dan pembuatan kios di lantai 1 dan 2. Sementara untuk pembuatan kios di lantai 3 dan 4, akan dikerjakan pada tahap II.

"Untuk tahap II, Pemkot Semarang telah meminta bantuan dana lagi kepada Kementerian Perdagangan. Kami berharap, bantuan tersebut bisa turun lebih awal sehingga pembangunan bisa cepat selesai," terangnya.

Pihaknya lanjut dia sudah minta ke Kementerian Perdagangan agar bantuan tidak turun mepet akhir tahun seperti kemarin. "Karena kalau mepet, pelaksanaannya akan kacau," ucapnya.

Sekadar diketahui, pembangunan Pasar Kanjengan dikerjakan oleh PT SCS dengan nilai kontrak Rp 67,5 miliar. Anggaran proyek dari Kementerian Perdagangan baru turun pada September 2017 dan pembangunan dimulai pada 20 Oktober 2017.

Hingga Desember 2017, pekerjaan tidak selesai 100% sehingga dilakukan pemutusan kontrak. Namun PT SCS bersedia menyelesaikan pekerjaan hingga 100% dengan menggunakan dana sendiri. Hingga 5 Februari 2018, pembangunan telah selesai 100% dan telah diserahterimakan.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Infrastruktur
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA