1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Sering kecelakaan, Dishub akan tutup Pertigaan Hanoman

"Kami sudah rapat dengan sejumlah pihak terkait kasus seringnya kecelakaan di Hanoman. Sementara solusinya adalah penutupan,"

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang M Khadik. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Jum'at, 27 April 2018 15:24

Merdeka.com, Semarang - Dinas Perhubungan Kota Semarang berencana akan menutup Pertigaan Hanoman, tepatnya di depan Kantor Samsat Semarang III. Hal ini dilakukan karena seringnya terjadi kecelakaan di lokasi itu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, M Khadik mengatakan, penutupan Pertigaan Hanoman tersebut merupakan hasil kajian tim keselamatan lalulintas. "Kami sudah rapat dengan sejumlah pihak terkait kasus seringnya kecelakaan di Hanoman. Sementara solusinya adalah penutupan," kata Khadik.

Nantinya, lanjut dia, pihaknya akan melakukan rekayasa lalulintas di lokasi itu. Kendaraan dari arah timur yang hendak masuk ke Jalan Hanoman, maka akan diluruskan dan belok di Jalan Subali.

"Kami juga akan membuatkan belokan di depan Pengadilan Negeri (PN) Semarang untuk memudahkan kendaraan yang hendak masuk ke Perumahan Graha Padma dan sekitarnya," terang Khadik.

Selain melakukan rekayasa lalulintas, pihaknya juga telah menyurati Kementerian Perhubungan untuk melakukan perbaikan struktur jalan. Struktur jalan di lokasi itu diminta tidak terlalu menanjak karena hal itulah yang menjadi penyebab maraknya kecelakaan.

"Soalnya habis menanjak, langsung menurun tajam dan di depannya ada lampu merah. Saat truk bermuatan berat dan menanjak tiba-tiba berhenti karena lampu merah, kebanyakan tidak siap dan menyebabkan kecelakaan," terang dia.

Namun, lanjut Khadik, proses pelandaian jalan tersebut tentunya membutuhkan waktu cukup lama. Untuk itu, sambil menunggu proses tersebut dilakukan, pihaknya akan melakukan rekayasa lalulintas dengan cara menutup sementara pertigaan Hanoman.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA