1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Terboyo dibongkar, titik keberangkatan Trans Semarang dipindah ke Pasar Banjardowo

"Untuk pembuatan shelter di Banjardowo, kami dibantu Dinas Pekerjaan Umum (DPU),"

Kepala BLU Trans Semarang Ade Bhakti melakukan pengecekan terhadap shelter BRT. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Kaprabowo | Rabu, 29 Agustus 2018 20:26

Merdeka.com, Semarang - Mulai 1 September 2018, titik keberangkatan Bus Trans Semarang akan di pindah ke Pasar Banjardowo. Hal itu dikarenakan adanya perbaikan infrastruktur Terminal Terboyo yang akan menjadi Terminal Tipe C.

Kepala Dinas Perhubungan, M Khadik mengatakan, pembongkaran Terminal Terboyo akan dilakukan pada Sabtu (1/8) nanti. Menurut dia, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) akan dialihkan sepenuhnya ke Terminal Mangkang. Sementara, bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) akan dipindahkan ke Terminal Penggaron. "Begitu pula dengan angkot dan bus Trans Semarang nantinya akan kami pindahkan ke Terminal Pasar Banjardowo," kata Khadik.

Khadik menerangkan, pihaknya sedang mengebut proses pemindahan pelayanan BRT itu. Saat ini, pembangunan shelter di Pasar Banjardowo dalam proses pengerjaan. "Untuk pembuatan shelter di Banjardowo, kami dibantu Dinas Pekerjaan Umum (DPU)," terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang, Ade Bhakti mengatakan, akibat adanya pemindahan titik keberangkatan itu, pihaknya memberlakukan penambahan rute di koridor 7. "Nantinya, rute itu akan memasuki kawasan Pasar Banjardowo dan sampai sore ini proses pembangunan shelter sudah digarap," kata dia.

Ade juga menambahkan dengan adanya alih fungsi Terminal Terboyo, maka operasional Trans Semarang koridor 7 dan 2 tidak lagi memasuki Terminal Terboyo. Rekayasa jalur rute koridor 7 yakni melalui Jalan Wolter Monginsidi, shelter depan kecamatan Genuk lama (transit point), putar balik di depan Indogrosir, garasi koridor 7 kemudian lanjut perjalanan ke Jalan Pemuda.

Untuk rute koridor 2 dari jalan Kaligawe , shelter RSI Sultan Agung, shelter depan kecamatan Genuk lama (transit point), putar balik di depan Polsek Genuk, lanjut perjalanan ke Sisemut. "Kami berharap dengan rekayasa rute ini Trans Semarang bisa membantu masyarakat untuk mengakses ke Kota Semarang," pungkasnya.

(NS) Laporan: Andi Kaprabowo
  1. Infrastruktur
  2. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA