1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Majukan Semarang, Hendi Sebut Lansia Punya Peran Sama Besar

"Lansia dan anak muda itu sama saja merupakan bagian dari konsep bergerak bersama untuk memajukan Kota Semarang menjadi semakin hebat,”

Wali Kota Semarang Hendi memberikan sambutan saat acara HLUN di Jalan Pemuda Kota Semarang, Minggu (7/4).. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Minggu, 07 April 2019 18:59

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan senam bersama dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 tahun 2019 tingkat Kota Semarang di Jalan Pemuda, Minggu (7/4). Senam bersama berlangsung meriah, dengan peserta kurang lebih 2.700 lansia.

Di hadapan para lansia, Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang ini, menyampaikan bahwa lansia adalah mereka yang dari sisi semangat harus tetap sama hebat. Meskipun dari sisi usia tak lagi muda.

“Buat sebagian orang, usia lansia itu disebut momok. Tetapi mari kita yakini bahwa lansia itu keren. Lansia dan anak muda itu sama saja merupakan bagian dari konsep bergerak bersama untuk memajukan Kota Semarang menjadi semakin hebat,” ujar Hendi.

Yang penting, menurut dia, semuanya sama-sama bahagia dan bersemangat. Lansia dan anak muda, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Dari sisi kematangan, lansia pasti lebih matang secara usia, sedangkan dari sisi pengalaman Insya Allah lebih kaya. Sebaliknya, anak muda generasi milenial pasti memiliki kelebihan khususnya di bidang penguasaan teknologi informasi," lanjutnya.

Karenanya, kedua potensi ini harus bersinergi untuk menjawab tantangan ke depan. Hendi juga mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk lansia bersinergi bersama, menjadikan Kota Semarang sebagai kota yang ramah kepada semua golongan usia termasuk para lansia.

Tak lupa, Hendi meminta kepada para lansia untuk tak lantas putus asa atas kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Ia mencontohkan, bagaimana peran besar seorang dr Radjiman, ketua BPUPKI yang berusia 86 tahun saat perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Meski di usia lanjut, dr Radjiman tetap memberikan kontribusi terbaiknya sebagai konseptor kemerdekaan bangsa. Karenanya, semua orang di berbagai usia tetap memiliki peran dan support yang sama untuk memajukan bangsa Indonesia," tegasnya.

Tak hanya senam bersama, dalam peringatan HLUN tersebut dilakukan juga gerakan minum susu bersama. Selain itu, ada pula pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan gigi gratis, serta bazar dari berbagai UKM lansia binaan dari masing-masing kecamatan se-Kota Semarang.

Sejumlah doorprize dan hiburan disajikan untuk menghibur para lansia dari seluruh kelurahan dan kecamatan se Kota Semarang. Peringatan HLUN 2019 ini juga didukung oleh Komda Lansia Kota Semarang serta Rotary Club.

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA