1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Unissula terus berkomitmen beri beasiswa hafidz Alquran

"Jika hafal 30 juz Alquran, maka kita akan memberi beasiswa bagi hafidz Alquran, kuliah gratis."

Siswa SMK Diponegoro Banyuputih antusias mengikuti campus tour di Unissula. Fotto/Humas Unissula. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 08 Oktober 2018 18:25

Merdeka.com, Semarang - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang setiap tahun terus berkomitmen memberikan beasiswa bagi lulusan SMA sederajat yang hafal Alquran atau disebut hafidz ALquran. Hal itu disampaikan oleh Wakil Rektor III Unissula Muhammad Qomaruddin di sela menerima kunjungan 180 siswa SMK Diponegoro Banyuputih Batang yang melakukan kunjungan campus tour di Unissula, Senin (8/10).

Unissula menyediakan 12 jenis beasiswa bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi di keluarga. Selain beasiswa bagi hafidz Alquran, Unissula juga memperoleh kuota beasiswa Bidikmisi dari pemerintah yang diperuntukkan bagi mereka yang dari sisi akademik berprestasi, namun memiliki kondisi ekonomi keluarga berkategori tidak mampu.

"Jika hafal 30 juz Alquran, maka kita akan memberi beasiswa bagi hafidz Alquran, kuliah gratis. Beasiswa lain pun menanti, termasuk yang diberikan pemerintah lewat Bidikmisi. Kami memfasilitasi Bidikmisi tersebut, tahun ini ada 21 mahasiswa dari keluarga miskin, lewat jalur Bidikmisi yang diterima,'' ujarnya seperti dikutip dari release Humas Unissula.

Dia menyampaikan, seluruh program beasiswa yang disampaikannya tersebut berlaku untuk seluruh fakultas yang dimiliki oleh Unissula. Sementara, kecuali pada Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. ''Peminat untuk masuk ke Fakultas Kedokteran sangat ketat. Hanya berkisar kurang dari 200 yang diterima, namun yang mendaftar sampai 2.000 orang. Di sini memang kami menerapkan budaya Islami dalam proses pembelajaran,'' bebernya.

Menurutnya, dengan berbagai skema beasiswa yang ada di Unissula tersebut, bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi tak perlu khawatir meski memiliki keterbatasan ekonomi. "Jangan mudah patah arang untuk melanjutkan kuliah meskipun memiliki keterbatasan keuangan. Jangan jadi halangan untuk mengejar cita-cita," paparnya.

Selain mengenalkan berbagai skema beasiswa kepada para siswa yang berkunjung tersebut, Qomaruddin juga memberikan masukan dan arahan kepada para siswa jika ingin melanjutkan kuliah, khususnya di Unissula agar selektif dalam memilih program studi. Dengan begitu, program studi yang dipilih memang benar-benar yang diminati sehingga memudahkan ketika mengikuti perkuliahan ke depannya.

(NS)
  1. Pendidikan
KOMENTAR ANDA