1. HOME
  2. KABAR SEMARANG

Kompetisi Semarang Innovation Award diperpanjang sampai 20 Oktober 2018

“Kami melihat antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi di dalam pembangunan di Kota Semarang melalui ide-ide kreatif dan inovatif..."

Ilustrasi. ©2016 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Contributor : Andi Pujakesuma | Minggu, 16 September 2018 18:24

Merdeka.com, Semarang - Guna menampung antusiasme masyarakat dalam menyumbangkan ide kreatif dan inovasinya yang begitu besar bagi pembangunan, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang memperpanjang Kompetisi Semarang Innovation Award hingga tanggal 20 Oktober 2018.

“Kami melihat antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi di dalam pembangunan di Kota Semarang melalui ide-ide kreatif dan inovatif dalam lomba ini begitu besar. Jadi untuk menampung hal ini, Pemerintah Kota Semarang memperpanjang Semarang Innovation Award 2018 hingga tanggal 20 Oktober yang akan datang," jelas Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Menurut Hendi, panggilan akrab Hendrar Prihadi, pada bulan depan bangsa ini akan memperingati Hari Sumpah Pemuda. "Jadi kalau kita kaitkan dengan lomba ini, maka semangatnya adalah kita memanggil anak-anak muda khususnya yang ada di Kota Semarang untuk meneladani semangat Sumpah Pemuda dengan memberi sumbangsih terhadap kemajuan kota Semarang," lanjut Hendi.

Kompetisi Semarang Innovation Award sendiri merupakan sebuah ruang partisipasi bagi masyarakat yang diinisiasi oleh Wali Kota Hendi. Kategori kompetisi dibagi menjadi dua, yaitu masyarakat umum dan pegawai pemerintahan. Pembagian kategori ini dimaksudkan untuk dapat mendiversifikasi sudut pandang sebagai latar belakang ide inovasi serta menjaga keseimbangan dalam penilaian.

Adapun ide inovasi yang diusulkan harus berbasis solusi berupa konsep desain visual (bukan cerita) yang dapat direalisasi. Konsepnya dapat meliputi ide yang terkait dengan fasilitas publik, infrastruktur dekoratif maupun digitalisasi pelayanan. Setiap usul atau pengajuan inovasi harus disertai dengan poin solusi dan masalah secara fokus.

"Pengumuman pemenang akan dilakukan tanggal 28 Oktober 2018 bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Total hadiah 24 juta rupiah telah disediakan oleh Pemerintah Kota Semarang bagi masing-masing pemenang," terangnya.

Juara I akan memperoleh hadiah sebesar Rp5 juta rupiah (untuk masing-masing kategori), sementara juara II disediakan hadiah uang pembinaan sebesar Rp4 juta rupiah dan juara III akan memperoleh Rp3 juta rupiah. Setiap peserta juga diberi kesempatan untuk dilibatkan dalam realisasi ide-ide inovasinya.

Bagi masyarakat yang berminat untuk berpartisipasi dalam lomba ini dapat langsung membuka alamat website inovasi.semarangkota.go.id.  

(NS) Laporan: Andi Pujakesuma
  1. Pemkot Semarang
KOMENTAR ANDA